Ketika seseorang sedang melakukan interview, tidak sedikit darinya belum siap. Untuk menghadapi interview, perlu menyiapkan perlengkapan serta mental. Selain itu, ada hal lain yang sangat penting dan tidak bisa Anda lewatkan. Lantas Apa yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja? Maka cukup banyak.

Apa yang harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja?

Apa yang harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja?
Sumber: pexels.com

Mempersiapkan mental sangatlah penting. Hal ini hanyalah sebagian kecil yang ada pada wawancara kerja. Anda yang pertama kali lulus mungkin akan merasa gugup namun hal ini masih terbilang wajar. Berikut adalah beberapa persiapan ketika sedang menghadapi wawancara kerja.

Persiapkan Dokumen Wawancara

Ketika melakukan sesi wawancara, ada beberapa persiapan penting. Persiapan tersebut adalah dokumen wawancara yang umum ada di setiap lowongan kerja. Anda yang hendak melamar kerja tentunya harus menyiapkan dokumen penunjang. Isi dari dokumen tersebut cukup beragam mulai dari profil, biodata hingga berkas penunjang lainnya.

Ada juga perlengkapan lain yang harus Anda siapkan seperti pensil, pulpen dan penghapus. Umumnya beberapa perusahaan akan meminta pelamar untuk mengisi beberapa formulir. Untuk berjaga-jaga, Anda juga harus mempersiapkan lembaran kosong. Tujuan menyiapkan berkas dan perlengkapan lainnya adalah agar calon pelamar sudah siap untuk interview kerja.

Latihan Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Apa yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja adalah dengan berlatih menjawab pertanyaan. Ketika interview, biasanya para calon pelamar akan langsung berhadapan dengan HRD. Bagi yang sudah pernah melakukannya, maka persiapan bisa jadi lebih matang. Namun, jika Anda baru pertama kali interview maka berlatih akan sedikit membantu.

Berlatihlah bersama rekan atau calon karyawan lainnya. Siapkan pertanyaan mandiri dan uji kemampuan Anda bersama rekan lainnya. Dengan saling bekerja sama besar harapan untuk calon pelamar mendapatkan kepercayaan diri tinggi. Anda juga perlu melatih gestur tubuh agar terlihat profesional dan terlihat siap bekerja.

Siapkan Pakaian Terbaik

Ketika melakukan wawancara, penting untuk mengenakan pakaian yang pantas. Anda perlu mempersiapkan baju sedini mungkin sehingga tidak akan mengganggu jadwal interview. Ketika pakaian sudah siap, Anda hanya perlu memakai dan tidak perlu lagi sibuk mencarinya. Hal ini akan mempercepat waktu tempuh sehingga Anda bisa datang interview tepat waktu.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja terkait pakaian ini memang terlihat sepele. Namun, tetap saja Anda harus terlihat cekatan karena ini berkaitan dengan karir. Pahami juga perusahaan yang Anda lamar bahkan sedetail mungkin catatan perlu Anda cek.

Jika terdapat perintah untuk mengenakan pakaian tertentu, maka ikutilah aturan tersebut. Anda harus teliti dari hal kecil apapun dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Kenali Diri Lebih Dalam

Ketika sebuah perusahaan membuka pekerjaan, seorang HRD tidak hanya melihat sisi kreatifitas saja. Bahkan, titik terkecil yang ada pada Anda tidak akan luput dari incaran HRD. Seperti sifat, pakaian hingga kepribadian Anda akan terus mendapatkan sorotan. Anda harus belajar tentang mengendalikan emosi, belajar untuk profesional dan menunjukkan karakter yang baik.

Jika perekrut bertanya seputar kekurangan ataupun kelebihan. Jawablah dengan tegas dan jujur bahwa Anda adalah orang yang sesuai harapan perusahaan. Buktikan setiap kelebihan yang ada dan kecocokan kamu dengan perusahaan perekrut. Anda harus bisa menonjolkan sisi terbaik agar mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan yang Anda inginkan.

Pahami Setiap Tugas dari Posisi yang Anda Lamar

Melamar kerja bukan hanya tentang meniti karir. Bekerja juga harus mengerti tentang tugas dan tanggung jawab. Ketika calon pekerja telah mencapai keberhasilan dan mendapatkan kepercayaan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Anda harus bisa sesegera mungkin beradaptasi di lingkungan pekerjaan yang Anda pilih.

Perekrut umumnya akan mempertanyakan tentang tujuan Anda melamar bekerja. Dari sinilah seorang pelamar harus jeli dan secepat mungkin mengambil kesempatan. Anda juga harus mempelajari tentang seluk beluk perusahaan yang Anda lamar. Mempelajari perusahaan yang sudah Anda pilih sangatlah penting karena besar kemungkinan HRD akan memberikan pertanyaan seputar area perusahaan.

Kenali Lebih dalam Profil Perusahaan

Apa yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja adalah dapat mengenali profil perusahaan. Mungkin, hal ini terasa sepele namun HRD bisa saja memberikan pertanyaan seputar perusahaan.

Jika sudah mendapat pertanyaan seperti ini, maka lingkupan topik akan langsung mengarah ke profil perusahaan. Seperti contoh, HRD akan bertanya tentang bagaimana perusahaan ini berdiri dan kapan mulai produksi dan sebagainya.

Jangan sampai salah karena tidak sedikit calon pelamar kerja terjebak dan tidak siap dalam menghadapi pertanyaan. Bahkan, mungkin saja ada yang tidak paham sama sekali tentang perusahaan yang mereka lamar. Ini tentu bisa saja mengancam dan membuat Anda tidak layak berada di perusahaan tersebut. Agar tidak mengalami kegagalan, pelajarilah secara detail perusahaan yang Anda lamar.

Tujuan dari itu semua adalah agar Anda lebih siap menghadapi pertanyaan seputar perusahaan terlamar. Semakin tebal pengetahuan Anda seputar perusahaan terkait, maka HRD akan menilai betapa seriusnya Anda dalam melamar pekerjaan.

Jangan Lupa Body Language

Gesture tubuh sangatlah penting dan ada perusahaan yang sangat memprioritaskan hal ini. Contohnya, jabat tangan dengan HRD dan jika ini tidak Anda latih bisa saja akan menimbulkan rasa gemetar. Cobalah untuk rileks dan jangan tunjukkan rasa panik. Cobalah menjabat HRD dengan sopan dan tidak terburu-buru.

Tatap lawan bicara dengan sorotan mata yang ramah. Semakin ramah Anda memperlakukan HRD maka Anda akan terlihat profesional. Jangan sampai gugup atau minder seperti mengetuk kaki ke lantai. Ketika calon pelamar minder, hal ini akan membuatnya tambah gugup. Cobalah relaks dan lakukan tindakan yang membuat perasaan merasa nyaman.

Anda yang sedang gugup bisa dengan menggerakkan tangan tanpa harus berlebihan. Dengan melakukan gerakan tangan akan membantu Anda meningkatkan perasaan PD untuk bisa menghadapi setiap sesi wawancara.

Berikan Aura dan Kesan Positif

Apa yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja adalah dengan mempersiapkan mental. Tunjukkan aura positif terhadap HRD atau karyawan lainnya. Ketika semua yang ada sudah Anda terapkan maka ada lagi hal kecil yang penting. Untuk mencapai harapan kerja pada perusahaan impian maka jadilah seseorang yang memiliki aura positif.

Kesan positif ini akan membantu Anda mendapatkan posisi di perusahaan tersebut. Lantas bagaimanakah dan apa yang harus Anda lakukan? Cobalah untuk saling menyapa. Setiap orang yang ramah dan saling menyapa akan membuat orang lainnya merasa mendapat perhatian. Ini baik untuk calon pekerja karena semakin banyak Anda memiliki kesan positif maka besar kemungkinan mendapatkan pekerjaan.

Optimis dan Memiliki Semangat Tinggi

Optimis adalah salah satu sikap yang membawa banyak hal positif. Semakin orang terlihat optimis saat melamar kerja, maka pandangan atasan akan semakin baik. Perusahaan umumnya lebih banyak menerima karyawan yang optimis dan punya pandangan ke depan. Jika calon pelamar sudah memiliki sikap optimis, maka bisa saja Anda akan langsung mendapatkan kesempatan bekerja.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja cukup beragam. Dengan mempersiapkannya maka besar harapan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.

Share: